Minggu, 14 Oktober 2012

Sudahkah Membahagiakan Orang Tua?


Tuhan menciptakan manusia dengan belbagai perbedaan. Tidak satupun manusia yang sama di dunia, hanya mirip rupa tapi jiwa itu beda. koq bisa tidak ada yang sama padahal manusia kan bermilyaran adanya. Tuhan itu kan sang pencipta jadi yang mudah saja tinggal 'kun fayakun' sudah jadi.

Melewati manusia, tuhan menciptakan manusia lain. Yaitu Bapak Ibu atau kamu sendiri sudah mempunyai titipan terindah dari tuhan? Betapa benar hinanya kita yang tercipta mulai dari setetes air mani yang najis hingga kita sudah seperti saat ini.

Mereka kedua orang tua yang telah bersusah payah melahirkan, merawat dan mendidik kita, sudah kah membahagiakan mereka? Atau malah membuat sulit terus menerus. ini lah yang harus menjadi renungan bagaimana sih membuat kedua orang tua kita bahagia. Kan sudah membuat kita seneng terus gentian donk kalau sudah mikir, kita yang bikin seneng mereka. SETUJU!!!!

Mungkin karakter setiap orang tua berbeda, tetapi ada satu cerita nih dari temen yang membuat bahagia orang tua itu simple bin gampang. Dia sebut saja namanya arvian, sedang membuatkan mainan untuk adiknya. Sambil bercanda dan bercerita eh si adik tu bilang gini “mas ibu itu seneng kalau ma situ rajin sholat” . langsung mikir tu temen ku dan ngomong “iya apa dek?” sembari berfikir oh ternyata membuat bahagia orang tua itu mudah ya.

Terus apakah anda sudah berbuat yang membuat orang tua bahagia? Jangan berfikir ketinggian untuk bahagia orangtua. Patuh dan taat mereka pasti sudah bahagia. Apalagi kalau seorang muslim, pasti orang tua itu menginginkan anaknya sholeh atau sholehah. Tinggal berdoa saja buat mereka tu dan taat ya mesti sudah seneng. Kalau lebih itu lebih baik.

Kita ambil contoh lain saja ya, missal yang sedang belajar di SMP atau SMA dengan mempersembahkan nilai yang baik mesti orang tua bahagia. Udah jadi kebanggaan. Pun juga yang sedang kuliah cepat lulus dan menyandang predikat CUMLODE akan membuat orang tua bahagia (“tidak sia-sia mengkuliahkan kamu nak” kata orang tua.). terus ketika kita sudah jauh dari orang tua, sebenarnya cukup bekunjung rutin dan memperhatikan mereka maka itu membuat bahagia yang tak terkira. Kalau sudah jompo, Jangan malah di titipkan di panti jompo. Rawat mereka seperti mereka merawat kamu waktu kecil. Itu yang benar. Apa iya sekarang mentang-mentang sudah sukses tidak mau report mengurus orang tua sendiri, lah dulu ibu bapak mu belum sukses aja mau merawatmu.

Perlunya kita sebagai anak itu berbakti pada orang tua. Tuhan akan ridho jika orang tua ridho. Sampai dalam islam surga itu di bawah telapak kaki ibu. Bukan langsung membersihkan setiap hari kaki ibu tetapi makna kiasan itu adalah supaya kita sebagai anak patuh dan berbakti pada orang tua terutama ibu. JANGAN LUPA MINTA DOA DAN RESTU UNTUK APA PUN CITA-CITA KITA AGAR TUHAN MENGABULKAN. Ingat doa paling mustajab itu doa orang tua, Bukan siapa-siapa.

Mungkin saya juga masih banyak kesalahan terhadap orang tua tetapi apa salah nya kita saling mengingatkan untuk hal yang baik. Jika ada salah kata, saya minta minta maaf. Jika bermanfaat lanjutkan!!

Artikel Terkait

1 comments: